Selamat Datang Di Blog Perangkat Pembelajaran
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Ini,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

SOAL ULANGAN IPA KD 1.3 SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA


SOAL IPA KD 1.3 SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA
KLS  IX  SEMESTER GANJIL
 PETUNUK SOAL:
  1. Tulis nama ,  NIS,  dan Kelas pada lembar jawaban yang tersedia
  2. berdoa, dan berusaha sebaik mungkin menyelesaikan soal yang diujikan.
  3. bacalah soal dan pahami dengan baik sebelum memilih jawaban yang dianggap paling tepat.
  4. kerjakakan soal yang dianggap paling mmudah dahulu.
SOAL  IPA KLS IX                                                                           WAKTU   :  40 Menit
1.         Perhatikan gambar otak di bawah ini!
Bagian otak yang ditunjukkan oleh gambar secara berutan adalah....
A.     Otak besar - otak tengah - otak kecil - sum-sum lanjutan
B.     Otak depan - otak tengah - otak besar - sum tulang belakang
C.     Sum-sum lanjutan – otak kecil – otak tengah – otak besar
D.     Otak besar – otak tengah – otak belakang – sum-sum lanjutan
2.        Otak manusia terbagi atas otak besar, otak kecil, dan otak tengah. Fungsi dari otak besar adalah Kecuali:
A.     Pusat ingatan                                               
B.     Pusat kecerdasan
C.     Menjaga keseimbangan tubuh                                 
D.     Mengendalikan kerja tubuh yang disadari
3.         Bagian otak yang berfungsi mengatur kerja semua kelenjar lain di dalam tubuh dinamakan....
A.     Master of  Glass
B.     Master of  Gland
C.     Head Master
D.     Otak kecil
4.         Otak yang berfungsi mengatur keseimbangan tubuh manuasia adalah....
A.     Otak besar
B.     Otak kecil
C.     Otak tengah
D.     Sum-sum tulang belakang
5.         Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.      Mengatur kerja semua alat tubuh yang disadari
2.      Mempercepat denyut jantung
3.      Mengatur pelebaran dan penyempitan pembuluh darah
4.      Mengatur keseibangang tubuh
5.      Mengatur pernapasan
Fungsi sum-sum lanjutan ditunjukkan oleh pernyataan bernomor....
A.     1, 2, dan 3
B.     1, 2, dan 4
C.     3, 4, dan 5
D.     2, 3, dan 5
6.    Sel syaraf  (neuron) memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Di bawah ini merupakan satu contoh neuron....
A.     Motorik
B.     Sensorik
C.     Penghubung
D.     Interneuron 
7.       Fungsi sel syaraf  pada gambar di bawah adalah....
A.     Membawa rangsangan dari reseptor ke otak
B.     Membawa rangsangan dari reseptor ke efektor
C.     Membawa rangsangan dari otak ke efektor
D.     Membawa rangsangan dari sensorik ke motorik
8.       Fungsi sel syaraf  pada gambar di bawah adalah....
A.     Membawa rangsangan dari reseptor ke otak
B.     Membawa rangsangan dari reseptor ke efektor
C.     Membawa rangsangan dari otak ke efektor
D.     Membawa rangsangan dari sensorik ke motorik
9.     Bagan yang tepat untuk jalannya infuls pada peristiwa gerak refleks secara     berurutan ditunjukkan sebagai berikut...
A.     Indra – Reseftor – motorik – otak – sensorik – efektor
B.     Indra – efektor – sensorik – interneuron – motorik - efektor
C.     Indra – reseftor – sensorik – motorik – interneuron - efektor
D.     Indra – reseftor – sensorik – interneuron - motorik - efektor            
10.     Untuk soal 10 – 11. Perhatikan gambar sel syaraf di bawah ini !.  
Bagian neuron yang bernomor urut 1 -  4 -  5 adalah....
A.     Dendrit – badan sel – ujung akson
B.     Badan sel – inti sel – dendrit
C.     Dendrit – ujung akson – akson
D.     Dendrit – akson – ujung akson
11.     Bagian sel syaraf yang bernomor 1, berfungsi....
A.     Menerima dan meneruskan infuls ke badan sel
B.     Meneruskan infuls dari badan sel ke ujung akson
C.     Tempat terjadinya reaksi kimia di dalam sel
D.     Mengatur metabolisme sel   
12.   Bagan yang tepat untuk jalannya infuls pada peristiwa gerak biasa secara         berurutan ditunjukkan sebagai berikut...
A.     Panca indra – Reseftor – motorik – otak – sensorik – efektor
B.     Panca indra – efektor – sensorik – interneuron – motorik - efektor
C.     Panca indra – reseftor – sensorik – motorik – interneuron - efektor
D.     Panca indra – reseftor – sensorik – otak - motorik - efektor 
13.   Bagan yang tepat untuk jalannya infuls pada peristiwa gerak refleks secara      berurutan ditunjukkan sebagai berikut...
A.     Panca indra – Reseftor – motorik – otak – sensorik – efektor
B.     Panca indra – efektor – sensorik – interneuron – motorik - efektor
C.     Panca indra – reseftor – sensorik – motorik – interneuron – efektor
D.     Panca indra – reseftor – sensorik – otak - motorik - efektor 
14.     Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian mata yang bernomor 1 – 2 – 3 adalah ….
A.     Kornea – lensa - retina        
B.     Kornea – retina - lensa                                
C.     Lensa – retina - kornea
D.     Lensa – kornea - retina
15.     Perhatikan gambar di bawah ini!
Kelainan mata sesuai gambar dinamakan….
A.     Rabun jauh              
B.     Rabun senja                        
C.     Rabun dekat
D.     Fresbiopi (mata tua)
16.     Perhatikan gambar di bawah ini!
Kelainan mata sesuai gambar dinamakan….
A.     Rabun jauh              
B.     Rabun senja                        
C.     Rabun dekat
D.     Fresbiopi (mata tua)
17.     Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian telinga bernomor 3, 6, dan 7 adalah....
A.     Gendang telinga – koglea -  syaraf penglihat
B.     Gendang telinga – tulang pendengar – syaraf pendengar
C.     Gendang telinga – saluran setengah lingkaran – koglea
D.     Gendang telinga – koglea – syaraf pendengar
18.   Jika telinga mengalami kerusakan berupa keluarnya cairan kehijauan dan berbau dari dalam telinga akibat infeksi pada koglea, penyakit ini dinamakan....
A.     Tuli
B.     Otitis
C.     Keputihan
D.     Pecah gendang telinga
19.     Perhatikan gambar indera pengecap di bawah ini!
Lidah merupakan indera pengecap yang dapat merasakan rasa manis, asam, asin dan pahit. Bagian lidah yang dapat merasakan  manis, asam, asin, dan pahit secara berurutan adalah....
A.     1 – 2 – 3 – 4
B.     1 – 3 – 2 – 4
C.     4 – 3 – 2 – 1
D.     3 – 2 – 1 – 4
20.   Permukaan lidah tersusun atas dua jenis papila, yaitu papila yang halus berbentuk benang dan papila yang ujungnya berbentuk seperti jamur. Papila yang bentuknya seperti jamur namanya adalah....
A.     Papila filiformis
B.     Papila sircum valata
C.     Papila fungiformis
D.     Papila benang



Enter your email address to get update from Perangkat Pembelajaran.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017. PERANGKAT PEMBELAJARAN | Proudly Powered By Blogger